PangananEnak.com adalah Web SEHAT Ter'update

Resep Semur Daging Sapi yang Lezat

Cara Mengolah Daging Sapi enak tidaklah sulit. Dengan resep semur daging sapi,  bisa menambah selera napsu makan lo.

Semur tidak hanya dikenal sebagai makanan rumahan dengan citarasa manis dan gurih. Ternyata proses memasaknya juga sehat. Resep semur daging sapi ini dimasak agak lama bersama bumbu-bumbu tradisional Indonesia yang akan meresap dengan baik ke proteinnya.
:: Semur Daging Sapi yang Lezat ::

Resep semur daging sapi yang lezat
Layaknya rendang, semur juga memiliki banyak kombinasi dengan protein yang berbeda-beda. Tapi sayang kalau kali ini kita tidak memasak dengan menggunakan daging sapi karena yang satu ini adalah yang paling ikonik. Seperti yang kita ketahui, resep semur daging sapi adalah yang paling terkenal dari seluruh keluarga semur. Cara membuat resep semur daging sapi juga masih sebelas dua belas dengan resep yang lainnya.

Agar bumbu semur daging meresap dengan baik, maka pemilihan daging sapi juga haruslah tepat. Meskipun daging has dalam tidak ada lemak, justru bumbu sulit untuk bisa meresap secara maksimal. Aku menyarankan kamu untuk memilih daging dari bagian paha atau sebaiknya has luar. 

Selain itu memang daging bagian sirloin ini biasanya memiliki karakter rasa yang lebih sedap.
Yok lang aja ke cara memasaknya.


Berikut bahan yang di perlukan ::

- 250g daging sapi, potong-potong
- 2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu
- 3 siung bawang putih
- 6 butir bawang merah

- 2 buah cabai merah, buang biji jika mau pedas bisa di tambah sesuai selera ya
- 1 buah tomat, potong-potong
- 1 ruas jahe, memarkan
- 1 ruas laos dan memarkan

- 3 lembar daun salam
- 1 gula merah, jika suka manis bisa 1 gula jika tidak bisa di kurangi yaa
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdm garam sesuai aja soal asin atau manisnya karna ada yang suka manis ada yang suka asin

- 5 sdm Bango Kecap Manis
- 1 gls air, / secukupnya aja ya
- 1 minyak sayur secukupnya


Cara memasak Semur Daging Sapi ::

- Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah.

- Siapkan minyak untuk menumis dalam wajan.

- Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan daun salam,jahe dan laos. Tumis hingga harum/ warna bumbu sampai kekuningan.

- Masukkan daging. Tumis hingga daging berubah warna.

- Masukkan kentang. Tumis kembali hingga bumbu tercampur.

- Masukkan air hingga merendam daging dan kentang. Tambahkan Kecap Manis, gula merah, gula pasir, garam, penyedap rasa Roico dan lada secukupnya.

- Tutup wajan dan kecilkan api. Masak hingga air meresap dan daging matang serta empuk.

- Hidangkan semur daging sapi selagi hangat.
  Selamat menikmati Semur Daging Sapi yang Lezat


Berikut Manfaat Daging Sapi Buat Kesehatan

Semur Daging Sapi yang tidak hanya lezat, daging sapi ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daging sapi tidak hanya terbatas sebagai sumber protein, namun juga disebut bisa membantu mencegah anemia, hingga bisa membentuk tubuh ideal.

Tentu, ragam manfaat daging sapi bisa didapatkan secara maksimal dengan pengolahan yang sehat dan tepat. Mengolahnya dengan cara menggoreng, dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan, meski kandungan daging sapi itu sendiri sebenarnya sehat.

Manfaat daging sapi untuk kesehatan

Manfaaat daging sapi untuk kesehatan tubuh sangatlah beragam. Selain untuk memenuhi kebutuhan protein, manfaat daging sapi juga bisa membantu Anda mempertahankan massa otot dan meningkatkan stamina saat berolahraga.


- Membantu mencegah anemia

Anemia atau yang sering disebut sebagai kurang sel darah merah atau hemoglobin, bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi di tubuh. Manfaat daging sapi bisa mencegah anemia. Sebab, daging sapi merupakan sumber zat besi yang baik karena dapat diserap lebih baik oleh tubuh, dibandingkan dengan zat besi dari tumbuhan.


- Menjaga massa otot

Manfaat daging sapi berikutnya adalah menjaga massa otot. Sama seperti kebanyakan daging hewan, daging sapi juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Daging sapi mengandung semua jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh, dan sering disebut sebagai sumber protein lengkap.

Mengonsumsi daging sapi secara teratur, dapat mempertahankan massa otot. Massa otot yang terjaga, bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit sakropenia.


- Baik untuk stamina

Beta-alanine yang terdapat pada daging sapi, adalah komponen yang penting untuk fungsi otot. Pasalnya, zat ini dapat memicu pembentukan karnosin di tubuh.

Dalam jumlah yang cukup, karnosin disebut dapat membantu mengurangi rasa lelah, dan memperbaiki stamina saat berolahraga.


Kandungan nutrisi daging sapi

Daging sapi mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh seperti protein, zat besi, dan vitamin. Kandungan-kandungan tersebutlah yang membuat manfaat daging sapi untuk kesehatan, bisa cukup beragam.
Lebih jauh, berikut ini daftar kandungan nutrisi yang terdapat pada daging sapi.

1. Protein
Protein merupakan kandungan nutrisi utama pada daging sapi. Pada daging tanpa lemak yang sudah dimasak, sebanyak 26-27% dari total nutrisinya mengandung protein.

Protein yang berasal dari hewan, umumnya merupakan protein berkualitas tinggi yang mengandung asam amino esensial, untuk pertumbuhan badan dan menjaga kesehatan tubuh.

Apabila Anda tidak mendapatkan protein yang cukup, maka organ-organ vital di tubuh seperti ginjal dan hati, akan mengalami gangguan. Selain itu, kekurangan protein juga akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda akan lebih mudah sakit.

2. Lemak
Daging sapi mengandung beragam jenis lemak, yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis lemak sehat yang terdapat pada daging sapi adalah conjugated linoleic acid (CLA). CLA bahkan disebut bisa berperan untuk membantu menurunkan berat badan.

Jumlah kandungan lemak daging sapi akan berbeda, tergantung dari bagian sapi yang digunakan. Daging sapi rendah lemak, umumnya memiliki kandungan lemak hingga 5-10% dari total nutrisinya.

3. Vitamin
Manfaat daging sapi juga bisa didapatkan dari vitamin yang dikandungnya. Daging sapi mengandung vitamin B-12 dan vitamin B-6, yang baik untuk pembentukan darah, kesehatan otak, dan pengolahan energi di tubuh.

4. Mineral
Daging sapi juga mengandung banyak mineral seperti zinc, zat besi, selenium, dan fosfor. Semua mineral tersebut berguna untuk pertumbuhan, dan menjaga fungsi tubuh agar tetap berjalan dengan baik.

5. Kandungan lainnya
Sama seperti tumbuhan, daging sapi juga mengandung zat-zat bioaktif dan antioksidan, yang berguna bagi tubuh, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Beberapa zat yang terdapat pada daging sapi antara lain creatine, taurine, glutathoine, dan kolesterol.


Nah, sekarang kamu sudah mengetahui deh seluk beluk dari resep semur daging sapi spesial. Setelah mengetahui banyak resep semur, maka selebihnya tinggal membiasakan diri saja agar rasanya semakin nikmat dari waktu ke waktu. Atau mungkin selanjutnya kamu percaya diri untuk mencoba memasak semur jenis lainnya?..Selamat mencoba! Semoga artikel ini bermanfaat.


Panganan Enak.com Panganan Enak.com adalah website yang menjadi sebuah wadah informasi berupa media internet. yang memberikan sebuah resep makanan. Memutuskan untuk belajar cara memasak adalah pilihan yang tepat. Panganan Enak .Com adalah situs web resmi Google. Semoga adanya website ini bisa membantu membuat resep makanan yang lebeh baru. Trimakasih buat yang udah mau berkunjung.

1 Response to "Resep Semur Daging Sapi yang Lezat"

Trimakasih yang udanh mau berkunjung... semoga ini semua bermanfaat buat kalian semua.. .

Iklan Atas Artikel